Jumat, 24 Juli 2009

Blogku: Sebagian Duniaku Untuk Berbagi

Dengan Menyebut Nama Allah, Blog Seorang Muslim Berisi Cuplikan Kehidupannya Dalam Huruf Dimulai
Blogosphere yang kini semakin padat dengan berdatangan para blogger pemula ternyata juga semakin asyik!

Gimana enggak coba, dari blogging kita bisa mendapatkan teman baru sesama blogger, bisa saling tuker cerita (baik cerita yang sebenarnya terlalu pribadi, cerita sehari-hari yang dibahasakan menjadi cerita asyik bahkan berisi motivasi dan pelajaran, atau cerita luar biasa, asal bukan 'cerita gak pantes' aja), mendapatkan informasi atau pengetahuan unik, malah banyak yang memonetize blognya (menjadikan blognya sebagai sarana mencari $$$) dan banyak hal seru lainnya yang tentu dalam artian positif (yang negatif mah buang aja ke segitiga bermuda!).

Sebagai blogger pemula a.k.a newbie (inget! dibacanya nyubi! bukan kyubi! ntar kayak Naruto lagi, hehehe...), dunia blogger udah kayak belantara bagi ane.

Berlebihan?

Tidak ternyata. Sebagaimana tertulis di paragraf kedua, banyak macam tujuan orang-orang blogging. Bahkan mungkin selain itu masih banyak.

Ane sendiri pertama kali menemukan keasyikan blogging kira-kira setahun lalu, saat ada tugas sekolah untuk membuat blog sendiri.

Cerita yang sama seperti pelajar lainnya...

Dengan media blog, kita bisa mengungkapkan apa saja dan mengekspresikan diri dalam kata, animasi, suara atau bahkan video di mana semua itu tadi bukan sekedar iseng buat diri kita sendiri, tapi juga bisa dinikmati, dinilai dan ditanggapi oleh orang lain.

Tidak perlu malu, sungkan (asal tahu batasan) apalagi minder karena tentunya orang yang menilai itu tidak terlalu kenal siapa kita.

Tapi yang perlu diingat, isi blog jangan terlalu bersifat pribadi yang akan mengganggu privasi sendiri.

Hanya saja, saat awal-awal, sepertinya sulit untuk puas dengan blog kita.

Entah bagi antum, tapi itu yang ane rasakan.

Banyak blog yang sudah menjadi 'korban' percobaan dan rasa 'pas' sulit sekali datang. Ketidakpuasan itu bisa berasal dari template blog yang tidak sesuai dengan keinginan, postingan sebelumnya yang 'ini kayaknya bukan gue' serta aspek lainnya.

Selain itu, terkadang musibah yang menghampiri (sebenarnya kasus ane mah karena kesalahan sendiri).

Ane sebenarnya sudah menemukan bagaimana blog yang sesuai sama ane, atau kerennya 'gue banget'.

Blog tereksis punya ane sebelumnya beralamat zarque-barq.blogspot.com yang sekarang sudah terhapus.

Kok bisa terhapus? Itu cerita lain, enggan membahasnya.

Spirit of blogging lah yang tetap membuat ane semangat untuk membuat blog dari awal. Selain karena hobi, semangat ini ada karena insya Allah ada tujuan dakwah atau sekedar berbagi ilmu yang bermanfaat.

Itu harus menjadi tujuan utama.

Tujuan lainnya? Banyak!

Sepertinya semua isi paragraf kedua masuk, kecuali monetizing blog, itu ane rasa masih jauh. Banyak faktor yang harus dimiliki seperti Alexa dan Google Page Rank. Untuk blog baru seperti ini pastinya masih harus menempuh perjalanan jauh untuk menggapai faktor tadi.

Tapi hal yang menjurus ke sana ane jadikan tujuan: belajar SEO!

Walau belajarnya serabutan dan tidak mengikuti kurikulum (karena emang enggak ada) ane tetep nekat nyoba. Mencoba mengikuti cerita sukses para problogger (mudah-mudahan istilahnya gak salah) yang kini sudah bisa merasakan nikmatnya blogging.

Jelasnya bukan cuman $$$ lah... Tapi juga kemampuan menulis dan bagaimana mengenali diri sendiri.

Apa pun kata untuk mengungkapkannya: seru, keren, hebat, mantep (duh! kekurangan kosa kata nih!) dll. Pokoknya asyik lah!