Sabtu, 02 Oktober 2010

Mari Merenung dengan Artikel 'Murtad Karena Pacar'

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebuah judul dalam rubrik Konsultasi Keluarga dari Majalah Qiblati...


MURTAD KARENA PACAR

Assalamu’alaikum ww. Berita duka, telah mati (iman dan hati) adik kami Fulanah yang akhirnya murtad masuk suatu agama demi cintanya pada lelaki non-muslim. Banyak nasihat semampu ilmu kami telah kami sampaikan, tapi dia tetap pilih jalannya sendiri. Apa ada jalan keluar sebelum terjadi pernikahan non-Islam? Wassalam.


Ikhwati –semoga Allah merahmati kita semua- kejadian di atas telah terjadi dan benar-benar terjadi atas salah seorang saudara kita. Sedang Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (Q.S. Ali Imran (3): 85)
“Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" Mereka menjawab: "Benar (telah datang)." Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir.” (Q.S. Az-Zumar (39): 71)
Dan... Allah memerintahkan kepada kita

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S. At-Tahrim (66): 6)

Maka ini adalah jawaban yang diberikan oleh Asy-Syaikh hafidzhahullah yang dapat ana salin hanya sampai analisa beliau. Kemudian ana tulis beberapa pelajaran di bawahnya. Semoga kita bisa mengambil manfaat.

Jawab: Wa’alaikumussalam warahmatullah. Hayyakallah, selamat datang di majalah Qiblati.
Sungguh Engkau telah membuat saya sedih dengan kesedihan besar karena berita menyakitkan ini. Sungguh saya letakkan banyak celaan kepada Anda dan keluarga Anda. Anda semua turut andil dalam menelantarkan putri Anda sekalian, dengan penelantaran yang dengannya nanti dia akan kekal selamanya di dalam neraka Jahannam. Anda sekalian membatasi permasalahan hanya pada kemurtadannya masuk agama lain. Sementara permasalahan pokok bukanlah itu. Mustahil dia masuk agama lain sebelum dia melalui beberapa fase ketelantaran yang Anda biarkan. Kemudian saat kapak sudah mengenai kepala, dan dia masuk Agama lain, kalian terjaga. Sangat disayangkan, Anda sekalian terlambat menjaga.

Tidak mungkin bagi orang yang berakal bisa membenarkan bahwa setelah dia selesai mendirikan shalat shubuh, kemudian dia umumkan keluarnya dia dari Islam dan masuknya dia dalam agama lain.
Tidak mungkin bagi orang yang berakal membenarkan, bahwa setelah dia selesai dari puasa Ramadhan dan qiyamullail di dalamnya lalu mengumumkan keluarnya dia dari Islam dan masuknya dia dalam agama lain.
Tidak mungkin kita bisa percaya, bahwa setelah dia menghadiri majelis taklim, serta berteman dengan teman-teman yang baik lalu mengumumkan keluarnya dia dari Islam dan masuknya dia dalam agama lain.
Jadi, haruslah dia telah melewati fase meninggalkan kajian Islam, meninggalkan shalat, dan ibadah-ibadah lain secara umum hingga dia jauh sama sekali dari Allah. Kemudian, setelah itu, di bawah pengaruh perasaan dan kecintaannya kepada pacar beragama lain, dia memutuskan untuk masuk agama tersebut karena dari asalnya dia memang tidak konsisten dengan ajaran-ajaran Islam.
Maka Anda sekalian, sungguh disayangkan, telah meremehkan jauhnya dia dari agama. Anda juga telah meremehkan jauhnya dia dari akhlaq mulia dengan memberikannya kebebasan untuk berkenalan dan berteman bahkan berpacaran dengan orang yang seperti itu. Maka inilah hasil memilukan yang kita berikan ucapan selamat kepada orang-orang pemeluk agama tersebut akan masuk Islamnya gadis yang tidak tahu sama sekali agamanya ini, dan sebaliknya kami harap mereka memberikan selamat kepada kita, karena masuk Islamnya ulama-ulama mereka ke dalam Islam. Inilah perbedaan antara Islam dan agama tersebut.
Sesungguhnya saya, wahai saudaraku, dengan ucapanku ini, berkata sedikit keras kepada Anda dan juga kepada keluarga Anda. Karena di sana juga terdapat banyak keluarga yang melewati cobaan seperti cobaan Anda sekalian dalam keteledoran. Maka saya ingin agar semuanya terbangun. Cukuplah sekali tidur, cukup sekali keteledoran, dan cukup sekali penelantaran.
Sesungguhnya saya akan menjawab Anda, dan saya mengkhawatirkan para da’i yang saya adalah bagian dari mereka, kami akan dihisab di hadapan Allah atas keteledoran kami sehingga saudari Anda terlantar seperti itu. Maka di manakah peran kami dalam memberikan pengaruh kepada masyarakat? Jika ini adalah apa yang kami rasakan, maka bagaimana pula dengan Anda dan keluarga Anda pada hari Anda sekalian berdiri di hadapan Allah?!
Saudaraku yang mulia.
Sekarang mari kita tinggalkan masa lalu yang wajib bagi kita untuk bisa mengambil pelajaran darinya. Hendaknya sekarang kita berfikir bagaimana mengembalikan saudari kita ini kepada himpunan Islam. Sesungguhnya ini, sebagaimana ini adalah tanggung jawab saya, dan tanggung jawab ulama di daerah Anda, maka hal ini juga tanggung jawab Anda, hendaknya kita semua menanggung tanggung jawab ini bersama-sama.
Betapa saya berangan-angan, seandainya Anda meminta bantuan kepada para da’i di daerah Anda sejak awal. Agar mereka turut andil bersama Anda dalam menyelesaikan permasalahan yang sulit ini. Terutama mereka yang memiliki ilmu luas dari sisi syar’i, juga memiliki pemahaman dalam hal bagaimana bermuamalah dengan kondisi seperti ini, serta mengetahui pokok-pokok ajaran agama tersebut. Hal ini biasanya di atas kemampuan Anda.
Sekarang, musibah telah terjadi, wajib bagi kita semua untuk memahami beberapa perkara penting dalam mendiagnosa permasalah ini agar kita bisa menentukan obatnya, yaitu:
Sesungguhnya kepindahan seorang manusia dari agama bukanlah perkara yang mudah. Itu bukanlah satu keputusan ringan yang mungkin seorang untuk mengambilnya begitu saja tanpa sebab-sebab yang dia lihat dari sisi pandangnya yang dia menjadi puas. Lalu jadilah perkara itu sebagai pendorong kuat menuju keputusan untuk berpindah dari agamanya. Berdasarkan hal ini, tidak benar sama sekali kita bermuamalah dengan seorang manusia yang telah melewati kondisi ini tanpa berusaha merenungan sebab-sebabnya dengan bentuk jelas dan konkrit, agar memungkinkan bagi kita untuk berfikir di jalannya demi mengobatinya, serta menentukan paling baik dalam bermuamalah dan mendakwahinya.
Saudari Anda, tidak akan masuk agama tersebut hanya sekedar karena ingin menikah dari seorang penganut agama tersebut saja. Bahkan harus ada beberapa faktor kuat yang mendorongnya untuk pindah agama. Kadang laki-laki dari golongan pemeluk agama tersebut itu memberikan beberapa syubhat kepadanya akan agama Islam yang kemudian menggoncangkan kepercayaannya kepada agamanya. Kemudian dia menjelaskan kepadanya akan ajaran-ajaran agama tersebut yang di dalamnya dia bisa bebas dari ikatan agama yang mengikatnya dengan berbagai macam ibadah. Dikarenakan bebas dari keistiqamahan ibadah sesuai dengan kondisi yang dia alami di masa Islamnya yang tidak konsisten dengan shalat dan ibadah-ibadah lain. Oleh karena itulah dia menemukan kebebasan dari ikatan ibadah harian yang sesuai dengan kehidupannya. Maka jadilah hal itu termasuk sebab-sebab yang turut andil dalam rangka dia meninggalkan agamanya lalu masuk agama tersebut.
Kadang, bukan hanya pacar berbeda agamanya yang mempengaruhi, kadang juga terhadap pengaruh-pengaruh lain yang kita tidak mengetahuinya, apakah dari orang lain, atau teman-teman wanita yang jelek, atau juga buku-buku yang mendiskreditkan Islam. Barangkali salah satu faktor inilah yang mempengaruhi dan membantu keluarnya dia dari agamanya.
Sesungguhnya, seorang manusia yang lemah pondasinya, serta sedikit pengetahuan terhadap agamanya, dengan tabiat seperti itu, dia tidak akan bisa berpegang dengan kuat di hadapan perdebatan apa pun dari agama lain yang bagus permainannya dengan menggunakan akal, logika dan filsafat. Yang hal itu menjadikannya meragukan agamanya. Jika tidak ada seseorang yang membantunya, maka dia akan meninggalkan aqidahnya, bisa kepada atheis, atau juga kepada agama orang yang turut andil dalam membuatnya ragu, lalu dia pun meninggalkan fitrahnya yang lurus, kepada aqidah lain yang rusak, batil,lagi sesat.
Lalu, tambahan itu semua, saudari Anda mendapatkan pendorong untuk mengubah agamanya demi memenuhi keinginannya untuk menikah dengan seorang pemeluk agama tersebut yang Islam telah melarang dan mengharamkan pernikahan ini.
Termasuk perkara yang dikukuhkan adalah bahwa terdapat keterputusan hubungan antara saudari Anda dengan masyarakat. Telah hilang perasaan hubungan, dan kasih sayang antara dia dengan anggota masyarakat muslim yang dia hidup di dalamnya. Sebaliknya, barangkali dia mendapatkan masyarakat baru, yang membuat-buat ajaran bagus, kokoh dengan berbagai jalan yang tersusun rapi. Di mana masyarakat baru itu turut andil mengeluarkannya dari Islam, agama Allah yang haq kepada agama batil.
Inilah analisa kejiwaan yang wajib bagi kita untuk memahaminya, sementara kita mengambil permasalahan yang wajib bagi kita untuk bersungguh-sungguh dalam menyelesaikannya semampu kita, dan taufik hanyalah dari Allah. Kita ambil sebab-sebab hidayah dan perbaikan, kita curahkan segenap upaya dalam melakukan perubahan dan memberikan petunjuk. Kemudian kita tinggalkan buahnya untuk Allah.
Dan kewajiban kami tidak lain hanyalah menyampaikan (perintah Allah) dengan jelas.” (Q.S. Yasin (36): 17)
Maka saya memohon taufik kepada Allah bagi kami, Anda, baginya, serta bagi seluruh kaum muslimin.
Ada pun beberapa hal yang bisa ana ambil pelajarannya:

1. Seringkali kita baru sadar akan bahaya yang menimpa ketika bahaya tersebut tepat di hadapan kita. Ini adalah bahaya dari kelalaian kita, menelantarkan orang dekat atau diri kita sendiri jauh dari beragama. 

2. Jangan meremehkan apalagi tidak berusaha melakukan ibadah-ibadah sunnah, berusahalah mencari sebab-sebab terjaganya agama kita seperti mengikuti kajian dan mencari teman-teman yang baik. Yang walau kita kadang merasa tidak pas dengan mereka, jangan putuskan silaturrahmi dan meminta nasehat.

3. Jagalah akhlaq. Akhlaq mulia harus diperhatikan. Termasuk dalam pertemanan yang kita sering bersenda gurau, akhlaq tetap harus dijunjung.

4. Dekatlah dengan para ustadz dan alim ulama, serta minta dari mereka nasehat dan bantuan.

5. Walau pun dengan orang yang berbeda agama, kita tetap harus bermuamalah dengan baik tapi dengan tetap memperhatikan batasan-batasan.
Begitu pula dengan orang yang sudah masuk agama lain dan masih kita harapkan dia kembali, kita harus bermuamalah dengan mereka dengan cara yang hikmah.

6. Waspadai syubhat-syubhat yang dapat menggoncangkan iman yang lemah, oleh karena itu menuntut ilmu syar’i pun harus menjadi agenda kita. Dengan ilmulah kita tahu mana-mana yang syubhat dan betapa lemahnya syubhat-syubhat tersebut.

(Isi artikel dari majalah Qiblati 12 bulan Syawal 1431 H dengan agak banyak perubahan dan tambahan)

362 komentar:

  1. wah semoga kejadian ini tidak bertambah dan merembet ..
    ketika manusia muslim masuk kafir

    BalasHapus
  2. sukron kastir ak ustad atas maui'doh hasanahnya,..
    jazakumulloh khoiron.

    BalasHapus
  3. wah ini nih.. cacing makan ular... milih cinta ketimbang agama

    BalasHapus
  4. semoga kita dilindungi dari yang seperti ini, amin. dekat dengan ulama bisa jadi solusi, mudah dan cepat berobat penyakit hati...hehehe

    BalasHapus
  5. masukkan yang bagus buat pemikiran kita, makasih mas

    BalasHapus
  6. oh... sungguh dunia ini bagai belenggu yg menutun kedalam kenistaan...

    BalasHapus
  7. Ternyata pacaran memang bahay, bisa merusak aqidah.


    Salam.

    BalasHapus
  8. Mudah2an dengan rahmat dan hidaya ALLAH, kita semua bisa menjaga ajaran agama Islam dengan sebaik mungkin. Amin

    BalasHapus
  9. semoga allah selalu memberi taufik dan hidayah nya. serta ampunan nya. amin

    BalasHapus
  10. Astagfirullah, smoga cepet taubat deh :)

    BalasHapus
  11. Mau bgt murtad kerena cowok .. semoga tidak ada yg melakukan hal seperti ini lg .

    BalasHapus
  12. Astagfirullah .
    biisa yaa adda orang kaiia gituh .
    ppadahal allah udah nyiptain manusia beserta akal supaya kita bisa berfikir .
    loh kok ini begiini .
    mogga kita dijauhkan darii hal seperti ini .
    ammin .

    BalasHapus
  13. Naudzubillah...jangalah karena dunia kita memalingkan diri dariNya

    BalasHapus
  14. semua kembali kepada sejauh mana pemahaman kita kepada agama.terutama akhlaq.sebab itu agama kita di semua akademis akhlaq tidak pernah ketinggalan.salam kenal pendatang baru dari poso sul-teng.

    BalasHapus
  15. asalamualaikum .
    iinalilahi .
    semoga kita tidak termasuk bagian didalamnya .
    amin .

    BalasHapus
  16. Duh kasihan. Mengorbankan akhirat demi dunia....

    BalasHapus
  17. asalamualaikum .
    yaa allah .
    mengorbankan agama demi cinta .
    hhm .

    BalasHapus
  18. Ya ALLAH lindungi aku, keluargaku, saudara/i ku dari pikiran untuk meninggalkan agamamu. Kuatkan iman kami ya ALLAH

    BalasHapus
  19. Aminnn..moga2 kita ga memilih pacar lebih dr agama..kuatkan lah iman kita semua

    BalasHapus
  20. assalamualaikum .
    wahh parah banget yaa .

    BalasHapus
  21. astaghfirulloh...taubat sobat. gak berkah lho...murtad. masih banyak tu...akhwat

    BalasHapus
  22. wah maknyus tuh sob.... jangan sampe deh...

    BalasHapus
  23. disinilah kekuatan iman seorang muslim dipertaruhkan dan dipertahankan, sungguh sangat disayangkan dan merugi jika karena urusan dunia kita menjadi murtad.

    BalasHapus
  24. Naudzubillah...janganlah karena dunia, kita memalingkan diri dari ke esaaNya...

    BalasHapus
  25. hmmm Ya Ampun,, kasian dia, itulah akibat jika kita hanya menuruti nafsu

    BalasHapus
  26. Astagfirullah mga hal in tdak trjadi pda ku..
    mga Allah mngutkn iman ku..
    ammiinn

    BalasHapus
  27. Astagfirullah mga hal in tdak trjadi pda ku..
    mga Allah mngutkn iman ku..
    ammiinn

    BalasHapus
  28. Mari kita jaga terus iman islam kita

    BalasHapus
  29. semoga Allah mengembalikan iman'a...
    aminn...

    BalasHapus
  30. wah.. murtad karena pacar.. sangat tidak bagus itu.. semoga kita terhindar dari hal yg demikian. terimakasih artikelnya

    BalasHapus
  31. terimakasih gan, bermanfaat sekali.....

    BalasHapus
  32. begitulah terkadang manusia jika sudah dibutakan dengan nafsu duniawi apapun bisa dilakukan tanpa memikirkan akan datangnya hari pembalasan.

    BalasHapus
  33. makasih infonya bro....
    amal anda pasti banyak...

    BalasHapus
  34. jangan sampai deh pindah agama masuk neraka nanti ane.

    BalasHapus
  35. wah baru tau nih, trus gmana yang tidak murtad?
    bagus artikelnya, semoga amalnya makin banyak...

    BalasHapus
  36. Artikel yang cukup menarik..salam kenal sob

    BalasHapus
  37. bisa jadi masukan buat saya. makasih......

    BalasHapus
  38. semoga kita bisa merenunginya dan segera bertaubat mudah mudahan tuhan mengampuni kita semua

    BalasHapus
  39. Naudzubillah.. Moga Allah tetapkan nikmat iman dan Islam buat kita semua..

    BalasHapus
  40. berkunjung dan numpang baca dan ijin copy artikel :) besertakan sumber ;)

    BalasHapus
  41. Mirip dengan cerita cerita yang sudah banyak menimpa para Nabi, Seperti Nabi Nuh yang tidak bisa mengajak anaknya beriman dan naik ke atas perahu, Nabi Luth yang gagal menyadarkan kaumnya yang sebagian adalah saudaranya, serta Nabi Muhamad yang gagal mengajak pamannya buat beriman. Inilah manusia dibatasi dengan yang namanya Takdir.

    BalasHapus
  42. Great Post!! Thank you very much!

    BalasHapus
  43. mantab gan ceritanya. makasih banyak dan salam kenal

    BalasHapus
  44. Sy setuju mas, sy bersyukur gak pernah pacaran.

    BalasHapus
  45. semoga Allah senantiasa menjaga kita

    amin

    BalasHapus
  46. trm ksh artkl anda tlah mnyadarkan saya...
    muju trs dan skses sllu bt anda

    BalasHapus
  47. wah sory2 dech murtad gara2 pacar..
    http://blog.umy.ac.id/anharwahyu

    BalasHapus
  48. Astagfirullah mga hal in tdak trjadi pda ku..
    mga Allah mngutkn iman ku..
    ammiinn

    BalasHapus
  49. ass .
    nice post .
    bikin kita belajar .

    BalasHapus
  50. Astagfirullah hal azim, semoga kita tidak termasuk diantara orang2 yg murtad

    BalasHapus
  51. saya pernah hampir berpaling dari Islam, tapi subhanallah, Ia menyelamatkan saya dari kemurtadan, terimakasih ya Allah ^_^

    BalasHapus
  52. Astagfirullah, Jangan sampe deh, btw thanks infonya

    BalasHapus
  53. Astaghfirullah..
    naudzubillahimindzalik..
    smoga Allah melindungi ane dan para agan-agan disini dari kemurtadtan..amin.. :)

    BalasHapus
  54. Terima kaish telah memberikan renungan...dalam upaya perbaikan diri setiap orang. Insya-Allah Bermanfaat.

    BalasHapus
  55. Terima kasih atas renungannya.. semoga ALLAH membalasnya...

    http://www.faikshare.com/2010/12/gebyar-speedy-akhir-tahun-2010.html

    BalasHapus
  56. saya sangat terkesan dg point2 yang diberikan di atas. tidaklah mgkin seseorang itu murtad jika sudah mendirikan sholat subuh, puasa ramadhan, dan berkumpul dengan alim ulama! that's the point!
    makasih sodaraku :)
    aku sangat terkesan

    BalasHapus
  57. sangat memprihatinkan kalo kejadian nya seperti ini.... moga-moga tidak terjadi lagi ya pak... mari perkuat aqidah kepada anak cucu kita...

    BalasHapus
  58. smoga Allah melindungiku dari godaan wanita...

    BalasHapus
  59. smoga Allah selalu menuntunku di jalan Islam. amin

    BalasHapus
  60. Ya Allah tetapkanlah iman hamba dan berikan hidayah kepada manusia seluruh alam..

    BalasHapus
  61. nafsu duniawi membuat orang buta segala... smoga Allah menjauhkan kita dari yang demikian.

    BalasHapus
  62. Astaghfirullah, semoga Allah membukakan hatinya untuk bertaubat.

    BalasHapus
  63. mudah2an allah terus melimpahkan karunia dan hidayahnya kepada kita semua dan melindungi godaan syetan untuk berpaling darinya.amien

    BalasHapus
  64. salam kenal..
    trimaksih mas atas pencerahnnya... sungguh masukan yang sangat menggugah hati..

    BalasHapus
  65. Ya Allah.....jadikan hamba-Mu ini sebagai hamba yang selalu dekat dengan-Mu........Amin.....

    BalasHapus
  66. dihalaaah. . .
    janganlah ktia pindah agama karena hanya pacar?? benar bukan?? berarti iman kita sudah rusak, terkadang kita berdosa karena pacar sampai lupa ibadah, bagaimana kalau murtad??

    BalasHapus
  67. duh..kasihan banget si Fulanah tersebut..semoga ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua agar jangan mudah menggadaikan keimanan dengan hal yg murah..

    BalasHapus
  68. naudzubillah mindzaliq, tetapkanlah iman dan islamku sampai akhir hayatku ya rabb. tobat saudaraku..

    BalasHapus
  69. Mudah2an hal tersebut tidak terjadi pada diriku dan keluargaku...

    BalasHapus
  70. Astagfirullah
    kenapa hanya gara2 pacar harus berpindah agama
    semoga kita semua dijauhkan dari hal tersebut
    Ammiinn

    BalasHapus
  71. jangan sampe lah aku. n gak bakal.

    BalasHapus
  72. y ampun.. rapah bagt.. kontes

    BalasHapus
  73. sungguh terlalu itu
    amit2 jangan sampai kaya gitu deh..
    pakaian wanita

    BalasHapus
  74. maka. . hendaklah cepat bertaubat hehehe
    kalo ada yang lebih kental lagy ke islaminya. .
    don't 4geth come to me. . :http://aboutwindowsall.blogspot.com/

    BalasHapus
  75. bertobatlah... kalkulator yang Maha Kuasa tidak pernah salah... hehe..

    BalasHapus
  76. masya allah, taka ada yangmenghalalkan pacaran apalagi pacaran jaman sekarang,,,(YAHUDI)

    BalasHapus
  77. monggo...agan-agan klo mau pasang iklan...

    BalasHapus
  78. kenyataa yang ironi
    itu menandakan rendahnya iman seseorang

    BalasHapus
  79. sungguh tauziah yang dapat memberikan contoh nyata agar kita selalu menjaga dan memperkuat keimanan kita.

    BalasHapus
  80. semoga allah memberi hidayah dan taoupiknya kepada kita aminnn
    terimaksih buat infonya,,
    salam kenal aja gan

    BalasHapus
  81. astagfirullahaladzim..ox bisa sech mas,emgkurang pengawasan towdr ortu,,

    BalasHapus
  82. Ya Allah kuatkan iman dan islamku sampai akhir hayatku. Amin

    BalasHapus
  83. nice info. artikelnya Menambah wawasan saya. Terima kasih udah disharing ya. Salam kenal.

    BalasHapus
  84. bagi seorang muslim hendaklah kuat iman,jangan mau diperdaya menukar keimanan dengan apapun

    BalasHapus
  85. Semoga aku tidak termasuk orang seperti ini..!

    BalasHapus
  86. nice. .^_^
    continue. .

    don't 4geth come to me :http://aboutwindowsall.blogspot.com/

    good luck. .

    BalasHapus
  87. salam kenal
    wah mantap ni artikelnya, sangat membangun keimanan bagi umat muslim.
    heheee

    blogwalking ya
    Trick Internet Gratis 3 Di OperaMini
    http://senar6.blogspot.com

    BalasHapus
  88. wah...saya baru temukan blog seperti ini... benar-benar yang saya cari untuk belajar, meningkatkan wawasan saya...makasih yach

    BalasHapus
  89. sangat ironis, menjual agama untuk nikmat sesaat

    BalasHapus
  90. Dunia udah mau kiamat .. orang pada ngejar duniawi..

    BalasHapus
  91. sangat mengingatkan kita akan kehidupan kedua. Salam kenal

    BalasHapus
  92. ditahun 2011 ini kita semakin kacau. semakin banyak berbuat kesalahan.

    BalasHapus
  93. sayang sekali generasi sekarang banyak yang kacau.

    BalasHapus
  94. itulah kenapa orang tua kita sering mendidik kita bahwa pelajara Agama seperti mengaji itu penting.
    Nice Sharing.. terima kasih telah mengingatkan kami semua.

    BalasHapus
  95. I'am a moslem, we must say thanks to Allah because of we still in true side, true way.
    keep posting friend!!

    BalasHapus
  96. jangan sampe gan murtad ke bawa oleh cewek,temen ane ada uyyang kena gitu

    nitip lapak gan,ane masih newbie :D
    musik flazher

    BalasHapus
  97. wah gak boleh gitu
    blog ini cukup ramai sekali , penataanya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula , sungguh sangat sempurna !!!
    Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih

    BalasHapus
  98. Di dunia kampus juga memang ada gejala seperti itu, karena cinta orang bisa melepaskan segalanya. Termasuk melepaskan iman. Waspadalah waspadalah.

    BalasHapus
  99. wah , aq jadi lebih tau tentang apa yang dikatakan agama dan apa kegunaanya . . .

    BalasHapus
  100. Terima kasih atas infonya :) Keep posting yaaa

    BalasHapus
  101. Makasih...
    Pencerahan bagi kita semua...

    BalasHapus
  102. postingan yang informatif gan..thanks :D

    BalasHapus
  103. semoga artikel ini mencerahkan bagi kita semua, amien.....

    BalasHapus
  104. jgn mengorbankan agama demi cinta .

    BalasHapus
  105. memang mengharukan sekali.. kalau demi 'hal kecil' harus rela mengorbankan 'hal besar'

    BalasHapus
  106. tega sekali ya .. cuma karna pacar rela pindah agama..
    padahal banyak juga yg karna pacar jd durhaka..sering boongin orang tua.. dll

    BalasHapus
  107. mangka nya all jgn terllu cnta n jgn terllu mndalm..
    smga org islam di beri iman yang kuat dan kekall...aminn,....

    BalasHapus
  108. subhanallah.........................................

    BalasHapus
  109. Jika saja mereka mau berfikir, sedikiiiit saja...
    Maka pastilah mereka tidak akan rela menukar agama Islam ini dengan dunia beserta seluruh isinya sekalipun.

    BalasHapus
  110. subhanallah...
    smga jj smua org islam di dunia ini kuat iman dan takwa nya...
    jgn trpuruk oleh cnta...

    BalasHapus
  111. astaghfirallah...
    smga ajj tiada lagi org yg kay gt
    thanks gan for info yg bagus

    BalasHapus
  112. terus pelahara iman dan kecintaan kita pada agama yang kita pilih yang di ridhoi yaitu Islam,mudah-mudahan kejadian itu jadi cerminan kita semua tuk menghindari hal-hal yang bisa bikin kita murtad

    BalasHapus
  113. Astagfirallah......jangan ampe nambah orang macam itu thanks gan infonya

    BalasHapus
  114. thanks gan,perihalalah iman mu...jgn samapi terjerumus oleh hawa nafsu cinta...
    mudah2an tiada lagi yg kya gt.....

    BalasHapus
  115. thanks gan,perihalalah iman mu...jgn samapi terjerumus oleh hawa nafsu cinta...
    mudah2an tiada lagi yg kya gt.....

    BalasHapus
  116. memang di thun nih smkain berbah n bnyak manusia yg kgk kuat iman n takwanya,smua klah dengan hawa nafsu cinta,marilah kawan cba kita renungin app yg dah terjadi di bangsa ini,tu smua menjadi motivasi n pelajaran kita,

    BalasHapus
  117. wah mantap nih indformasi,mdh2an jgn ada sampai tragedi ini terulang kembali

    BalasHapus
  118. Semoga aku mendapatkan pacar yg tidak mengajakku ke arah kemurtadtan, amin, semoga engkau lindungi aku Ya Allah...

    BalasHapus
  119. Semoga aku mendapatkan pacar yg tidak mengajakku ke arah kemurtadtan, amin, semoga engkau lindungi aku Ya Allah...
    Kunjungan and salam kenal dari UNEJ

    BalasHapus
  120. makasih atas infonya yang sangat bagus ini saya banyak belajar mengenai islam.......
    saya sangat suka informasinya tersebut makasih banyak......

    janagan lupa lihat juga blogku.......

    http://aboutinstallationlinux.blogspot.com/

    makasih

    BalasHapus
  121. astagfirruloh al azim
    semoga saya tidak termasuk ya allah

    makasih atas infonya gan
    dan jangan lupa ya mampir di blogku
    http://animefavor.blogspot.com

    trims

    BalasHapus
  122. thanks gan info nya
    semoga jgn ada lagi org yang murtad karena pacar...

    BalasHapus
  123. mdhan2 tiada lagi yg sperrti itu thanks gan for infonya,
    good luck...

    BalasHapus
  124. thanks for infonya,semoga ini menjadi motivasi buat semuanya salm kenal gan
    good luck always

    BalasHapus
  125. org dah gk mempunyai agama,iman dan ketakwaan,
    memilih cinta di bandingkan agama thanks gan for infonya..

    BalasHapus
  126. thanks for Infonya semoga tiada lagi yg memilih cinta di bandingkan agama

    BalasHapus
  127. thanks gan semoga tidak ada lagi org murtad karena pacar....
    good luck gan....

    BalasHapus
  128. wew... good job gan! bdw, qiblati ada yang online yak?
    kerenkeren,,,

    BalasHapus
  129. artikel'a bagus gan,jarang artikel ada yang ngebahas mslh ini

    BalasHapus
  130. ya allah semoga ane jauhkan dari cinta buta yang lebih membutakan. cinta ke gini justeru hanya membawa kbaagiaan sesaat yaitu di dunia semata. di akhirat nanti dia akan kena akibatnya.

    BalasHapus
  131. artikel ini mengingatkan aku pada seorang teman yang rela masuk islam (bukan murtad) karena sang cowok yang netabenenya sebagai muslim memiliki kepribadian yang sangat baik, hingga si cewek memberanikan diri untuk masuk islam, subhanallah.

    BalasHapus
  132. gimana ya orang tuanya? ane punya anak cewe kalau ngomong kasar aja sudah agak sedih gimana kalau ky yg ada di cerita in ya

    BalasHapus
  133. Memang pada intinya, pacaran dilarang kok. Kalau sampai murtad mah gara-gara pacaran, itu dah doble laknatnya..

    BalasHapus
  134. sebagai manusia ciptaan Allah hendaknya selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya

    BalasHapus
  135. Masya allah hanya karna seorang wanita rela keluar dari agama islam, sungguh kasian sekali dia akan kekal di nerakanya Allah swt.. terima kasih..

    BalasHapus
  136. bagus nih artikelnya..
    http://blogdofollowindonesia.com
    Directory khusus untuk blog dofollow indonesia. Dapatkan rangking tinggi. Submit wen/blog Anda sekarang gratis tanpa daftar, tanpa reciprocal link.

    BalasHapus
  137. sangat disesalkan klo kejadian (murtad) ini terjadi karna cinta,,,janganlah sampai kita terjerumus ke sesuatu yang hanya merugikan diri kita sendiri,,,

    BalasHapus
  138. cinta tidak akan dibawa mati hanya kejadian sesaat,,berpegang teguhlah pada agama kita yaitu agama islam ,,,moga kita bisa tetep ada dijalan Alloh SWT

    BalasHapus
  139. astagfirullohaladzim,,moga iman kita kuat dan tidak akan tergoda dengan sesuatu hal yang negatif dan merusak iman kita,,,

    BalasHapus
  140. mudah2an kita dijauhkan dari keadaan demikian..amin

    BalasHapus
  141. semoga diberi keimanan yang kuat amin,,,

    BalasHapus
  142. ya alloh...berikan kekuatan iman dan islam dalam menghadapi berbagai apa yang sedang terjadi.

    BalasHapus
  143. astaghfirallah...mudah2an tiada lagi org yg murtadz....memntingkang pacar di bandingkan agamanya...salam kenal

    BalasHapus
  144. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    BalasHapus
  145. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    BalasHapus
  146. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    BalasHapus
  147. naudzubilahi mindzalik,,jangan sampai seperti itu,,,cinta tidak akan dibawa mati tapi agama yang kita pegang teguh akan membawa kita ke akhirat dengan keadaan yang husnul khotimah,,

    BalasHapus