Minggu, 21 Agustus 2011

curhat karena status temen tentang cinta

بسم الله الرحمن الرحيم


Langsung saja, saya ingin mengungkapkan sesuatu. Sesuatu itu tentang cinta.

Akhirnya…

Rasanya dulu ada yang menahan-nahan diri untuk membahas soal ini. Kalau pun lagi tidak ada rasa tertahan oleh diri dan banyak yang bersliweran di otak, posisi tidak di depan komputer atau laptop dan ketika tatap muka-monitor, hilanglah semua baik yang tadi berslieweran, juga mood untuk membahas.

Aneh ya…

Baik, masuk ke inti, ada tiga gambar yang ingin saya perlihatkan



Apa yang ada di pikiran Anda setelah membaca status-status dari dua teman saya yang tentu saja tidak jauh-jauh dari 'cinta'?

Well, saya tidak tahu dan saya rasa tidak berpengaruh pada saya kecuali Anda mau berbagi di kotak komentar.

Untuk saya sendiri, rasa yang timbul ketika menjadi dua orang teman saya yang memasang status tadi itulah yang mendorong saya menulis tentang cinta. Bukan indahnya, rasa rindunya, atau yang lain, kecuali rasa sakit.

Anda yakin tidak akan mengalami apa yang dialami kedua teman saya?

Sebelumnya, saya harap saya sudah cukup sopan menjaga privasi kedua teman saya dan tidak membuat keduanya tersinggung berhubung keduanya adalah teman yang berharga.

Kembali ke rasa sakit, saya sudah beberapa kali juga menemui kenyataan beberapa teman yang kiranya mengalami hal sejenis dalam cerita cinta mereka dan lebih kurang membuat mereka merasakan sakit yang sama.

Saya hanya merenung mengetahui keadaan mereka. Dan saya kira saya selalu sukses membuat diri saya sendiri cukup merasa sakit ketika membayangkan jika saya mengalami hal yang mereka alami. Oh, maaf, tentu rasa sakit yang saya dapatkan tidak seberapa dibanding mereka yang mengalami langsung.

Dalam keadaan saya yang sekarang dan dengan cara pandang saya, saya berusaha memikirkan cara agar selamat dari mengalami itu semua. Rasa sakit yang saya derita dari hanya membayangkan sudah cukup menyiksa saya, sungguh.

Tapi, setelah saya renungi, bagaimana pun solusi yang terpikirkan, selalu ada kemungkinan untuk mengalami hal serupa dan merasakan sakit yang sama. Siapa pun.

Saya tidak tahu bagaimana menjelaskan proses berpikir saya. Tapi, begini saja: ketika saya merasa menemukan solusi, saya berusaha menempatkan diri dari sudut pandang lain demi mencari-cari celah sehingga solusi tadi masih mungkin menghadapi suatu kejadian yang membuat tetap saja rasa sakit dialami. Buruknya, saya selalu mendapatkan celah tersebut.

Ah, bertanya-tanyalah saya. Apakah ini karena pikiran saya saja. Tapi kalau ditimbang, kemungkinan-kemungkinan tadi tetap masuk akal untuk terjadi. Oh, ya, tentu dengan akal saya. Maaf.

Kalau Anda punya nasehat untuk saya, saya sangat berterima kasih Anda mau menyampaikannya.

Saya sendiri setelah agak putus asa dengan kesimpulan yang saya dapatkan, tetap saja selalu tertarik untuk dapat mengalami kisah cinta yang indah. Keindahan yang mungkin dibayangkan sering kali membuai saya. Tapi rasa sakit yang membayang pun sering hadir sehingga tak jarang terjadi kontroversi yang terjadi dalam diri dari kedua hal tadi.

Tak adakah jalan untuk mendapatkan kebahagiaan itu…?

Ternyata ada dan saya pikir saya sendiri sudah agak jauh untuk bisa mengikuti jalan itu.

Saya harap Anda tidak kemudian berpikir untuk menyepelekan jalan tersebut ketika saya sebut bahwa jalan tersebut adalah jalan yang sesuai dengan Islam.

Selain itu, bukan berarti dengan jalan yang sesuai Islam tidak akan ada celah untuk terjadinya hal-hal seperti di atas atau kita kebal dari rasa sakit yang menjadi dampak.

Lalu?

Paling tidak ada beberapa hal, yaitu, rasa sakit berkurang atau rasa sabar bertambah karena orientasi hubungan antara lawan jenis dalam Islam adalah beribadah, juga prinsip-prinsip tawakkal diajarkan dan ketika sudah berusaha menempuh jalan yang disediakan dengan mengharap ridha Allah, rasa sakit dan kesabaran terhitung sebagai kebaikan yang kelak mendapat balasan.

Saya berharap keimanan saya cukup kuat untuk itu.

Dan, seperti saya bilang, saya rasa sudah agak jauh dari jalan itu dan mencoba mendekat. Sembari mendekat, rasanya saya juga seperti menyerahkan diri untuk merasakan sakit tersebut, entah mengapa..

Yah, saya pikir saya sendiri masih terlalu dini untuk merasakan galau karena hal ini.

95 komentar:

  1. sabar,, jangn pernah merasa merendah diri karena tidak bisa mencapai suatu kebahagiaan.
    sesuatu itu akan indah pada waktunya ko.
    walaupun bersabar itu sulit, tapi yakinlah "Allah tidak akan memberikan suatu cobaan kepada orang yang tidak mampu melaluinya"
    tetap semangat dan intinya selalu berdoa yaa kawan.
    walaupun rasa trauma dan rasa sakit itu tak bisa hilang dengan sendirinya, tapi dengan mencoba dan membuka hati untuk selalu optimis, maka semua kebahagiaan itu akan datang dengan sendirinya.

    BalasHapus
  2. Subhanallah.... sakit adalah sebuah sugesti...jika kita perkuat, akan semakin kuat rasa sakit itu...penyembuhan adalah dengan berharap karena Allah...

    BalasHapus
  3. harus banyk berdoa, bersabar dan berusaha,,trim ksih infonya gan

    BalasHapus
  4. yaps,,,
    bukan saatnya untuk mendalami tentang cinta dulu.
    lebih baik kita fokus untuk menggapai cita-cita

    BalasHapus
  5. karna dengan curhat ,, hati akan plong ..
    terimakasih infonya,semoga bermnfaat.

    BalasHapus
  6. tapi ga ada salahnya mengutarakan apa yang ada di dalam hati,
    seperti updatean status, barang kali ada solusi dari orang yang ikut serta berkomentar

    BalasHapus
  7. banyak juga yaa ternyata yang jadi korban cinta..
    apa sekejam itu??

    BalasHapus
  8. memang susah kalo kita dah bicara masalah cinta,, hmmm

    BalasHapus
  9. Jadi ingat kata2 di Film Kera Sakti dulu: Beginilah cinta, deritanya tiada akhir. Tapi kalau cinta yang dari Tuhan pasti penuh kebahagiaan dan tidak ada derita kan. Amin :)

    BalasHapus
  10. cinta memang tidak bisa ditebak ya bos, saya jatuh cinta 10x dalam hidup ini tapi susah kali mengerti apa itu cinta.. salam cinta dari indonesia

    BalasHapus
  11. memang susah ya kalo dah berbicara dengan cinta,,

    BalasHapus
  12. sabar ajj y....
    cinta cindol na tape baru tu enak,, hehe

    BalasHapus
  13. Rasa sakit itu mendewasakan kita, terkadang rasa sakit itu menjadikan alarm buat kita untuk tidak terbuai dengan rasa kesenangan yang semu.
    smuax itu milik tuhan semata. tapi tetap saja manusia adalah egois. jadi sama2 jadi pembelajaran buat kita...

    BalasHapus
  14. cinta membuat rumit semua orang,jadi bersabarlah.hee
    terimakasih infonya.
    semoga teman mas tidak sakit hati lagi

    BalasHapus
  15. mantap nie artikel nya sangat bagus dan menarik..........

    BalasHapus
  16. memang ga da habisnya kl soal cinta

    BalasHapus
  17. cinta membuat semua orang menjadi gila,hee

    BalasHapus
  18. cinta memang rumit,susah di tebak.
    makasih udah di share

    BalasHapus
  19. cinta memang penuh inspirasi

    bikin seneng dan bikin sedih
    salam kenal

    BalasHapus
  20. bicara cinta, memang ga pernah habis habis
    makasih postingannya

    BalasHapus
  21. wahh keren nih.. semangat dan berkarya terus..

    BalasHapus
  22. semangat pagi
    curhatan temannya sangat miris sekali
    semoga ada hikmah dibalik kejadian itu
    makasih infonya,semoga bermanfaat

    BalasHapus
  23. oke juga nie artikel nya sangat menarik dan sangat bagus nie.......

    BalasHapus
  24. semua karna cinta .. jadi begini deh ahirnyaa..

    BalasHapus
  25. artikelnya sangat bagus,makasih udah di share

    BalasHapus
  26. waduh sayang mas gak bisa iat videonya nih, kompyna lmot tuh heh

    BalasHapus
  27. mantap nie postingan nya sangat bagus dan sangat keren nie.......

    BalasHapus
  28. don't worry be happy,,
    jalani aja hidup apa adanya..
    suatu saat nti kamu juga akan menemukan seseorang yang bisa menjadi tempat berbagi suka dan duka, jangan pernah memaksakan keadaaan..
    jia you!!

    BalasHapus
  29. oke juga nie sangat mantap dan sangat menarik nie.........

    BalasHapus
  30. harus sabar ya,, semua pasti akan berakhir baik. ingat dalam hal apapun itu harus dilakukan karean Allah,,
    kita diberi rasa cinta maka kita harus menggunakan cinta itu untuk semua orang karena jika semua masalah dilakukan dengan cinta toh semua akan berakhir baik..

    BalasHapus
  31. kalau bicara tentang cinta pasti panjang....
    soal nya ada aja yang di bicarakan masalah cinta itu..

    BalasHapus
  32. semoga keimanan anda cukup kuat untuk menghadapi semua itu....

    BalasHapus
  33. cinta itu sulit untuk di pahami...
    sangat sulit!!

    BalasHapus
  34. cinta adalah kata yang mudah di ucapkan tapi tidak semua orang mudah untuk menjalani cinta...
    jadi sabar aja gan...

    BalasHapus
  35. sabar aja karna saya juga mengalami hal seperti itu tapi inilah kehidupan harus lebih kuat dan bersabar dekatkanlah dirimu kepada allah mudah2an allah memberi jalan yang terbaik makasih uda shering salam kenal ya

    BalasHapus
  36. cinta cinta dan cinta, saya suka tentang cinta tapi saya bingung

    BalasHapus
  37. curhat nih .
    tapi emang sih kalo ngebahas soal cinta ga ada ujungnya deh

    BalasHapus
  38. duh curhat nih?? cinta memang menyenangkan bagi yang merasakannya...

    BalasHapus
  39. Saya suka tentang cinta tapi saya bingung dengan nafsu

    BalasHapus
  40. Cinta , kalau lagi bersemi lupa sama yang lain

    BalasHapus
  41. cinta tuh ada yang menyakitkan ada yang bikin seneng ,,

    BalasHapus
  42. begitu lah cinta ..
    asam ..
    maniss ..
    pahit ..

    campur aduk !!

    BalasHapus
  43. jangan putus asa dong mass , semangattt !!!

    BalasHapus
  44. Rasa sakit bs membuat qt brtmbah kuat, tetap bertahan dan bersabar.

    BalasHapus
  45. memang pasti ga akan ada habisnya klo bicarain soal cinta itu. . .

    BalasHapus
  46. Memang cinta membuat kita Lupa segala,,...

    BalasHapus
  47. waduh bingung dah low harus komen tentang cinta...
    :)

    BalasHapus
  48. denger kalimatnya aja "cinta" waduh udah bikin saya garuk garuk nih..hehhee
    nice artikel gan..

    BalasHapus
  49. penderitaan cinta memang tiada pernahberakhir...
    #panglima tien peng mode on..hahahaa

    BalasHapus
  50. be strong :)
    sabar dan tawakal..
    semua akan indah pada waktunya ^^

    BalasHapus
  51. memang sedih jika ada temen kita yang sedang sedih tapi tidak sesedih yang temen saya rasakan.....
    tapi dengan kita curhat ke teman kesedihan itu akan sedikit berkurang.

    BalasHapus
  52. jika ada awal pasti ada akhir...
    jadi jangan takut putus cinta karena putus itu pasti.

    BalasHapus
  53. galau banget tuh status temen nya gan....
    emang sakit kalo di tinggal pacar.

    BalasHapus
  54. jika kita cinta kepada seseorang itu karena allah insyaallah kita akan merasakan apa itu patah hati.

    BalasHapus
  55. cinta itu kyak pelangi,berwarna warni sharedhal

    BalasHapus
  56. cnta itu buta...
    ya itulah yg orang2 bilang (bkn saya :)

    BalasHapus
  57. waduuuhh low saya sih memang ga pernah nyambung low harus ngomongin ini perkara . .

    BalasHapus
  58. cinta bikin orang lupa akan segalanya, tapi cinta membuat semuanya terasa indah. Itulah cinta penuh dengan cerita.

    BalasHapus
  59. Sabar aja sob. Yakinlah bahwa setelah datang kesulitan pasti ada kemudahan.

    BalasHapus
  60. Mending kalau ada unek-unek diutarakan, supaya tidak ada ganjalan lagi di hati.. percaya deh :D

    BalasHapus
  61. ya, demi mendapatkan cinta yang tulus, terkadang kita harus bersakit-sakit dahulu, kecewa, sakit hati, tapi dari situ kita akan menemukan titik terang, cinta tak selamanya sakit, tak selamanya juga indah..
    ini hidup.. dunia berputar..
    nice sharing..

    BalasHapus
  62. sampai sekarang saya masih gak mengerti / gak bisa mengartikan arti cinta yang sebenarnya.

    BalasHapus
  63. ya... sepenggal cinta mampu membuat bercucuran airmata...

    BalasHapus
  64. banyak orang yang di buat bersedih oleh yang namanya cinta, tpi tidak sedikit pula yang di buatnya bahagia.

    BalasHapus
  65. cinta itu kejam gan..kayak gusdur bilang"gitu aja kok repot"..salam..

    BalasHapus
  66. kata orang cinta membuat orang lupa daratan.

    BalasHapus
  67. ihh ga bgd dehh
    super duper galau alay ga ptg bgd mslh pribadi d umbar2 k khalayak bnyk gt
    hadooooh....
    smga qta ga trmsk yg ky gtu yah,,,,

    BalasHapus
  68. Cinta emng bikin orng lupa ingatan ya gan ?? hehehe . . .

    BalasHapus
  69. Jadikan sakitmu sebagai motivasimu gan :)

    BalasHapus
  70. jangan galau masih ada Alloh yang bisa di curhatin.. tapi yang penting nice post lah ..sukses ya

    BalasHapus
  71. Cinta memang penuh dengan teka teki, ada yang menyakitkan ada juga yang membahagiakan.

    BalasHapus
  72. dukhh galau bnget nikh kayaknya ,,hen,,sabar ajjha ya

    BalasHapus
  73. tapi katanya lebih baik curhat apa2 th sama alloh ... pasti lebih plong ..
    caranya dengan solat curahkan apayang kita rasakan ..

    BalasHapus
  74. makasih gan untuk artikelnya kali ini..
    terutama tentang hiburannya.. lumayan dah bikin fresh lagi nie otak..
    kapan kapan saya balik lagi dah kesini..

    BalasHapus
  75. makasih gan untuk artikelnya kali ini..
    terutama tentang hiburannya.. lumayan dah bikin fresh lagi nie otak..
    kapan kapan saya balik lagi dah kesini..

    BalasHapus