Selasa, 09 Maret 2010

Tes Wawancara di Jogja - Part 1 - Berangkat!!

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh!

Apa kabar? Mudah-mudahan di awal Maret ini pada baik-baik aja walau masih ada kehambaran dari dunia politik dan kesedihan duka-duka yang tak kunjung selesai.

Yah, semoga yang gajian gajinya banyak dan berkah, yang lagi persiapan untuk ujian di akhir bulan, usahanya berkah, juga yang mengikuti berbagai kegiatan seleksi perguruan tinggi di awal Maret ini, Allah lancarkan dan berikan yang terbaik.

Hehe, untuk bagian terakhir doa tadi, selain untuk temen-temen, ane juga mendoakan diri sendiri. Karena eh karena, Ahad, tanggal 7 Maret 2010 kemaren ada tes wawancara PBS UGM yang Alhamdulillah ane lolos tes tertulisnya. Berhubung tes wawancaranya langsung diadain di kampus UGM, jadilah ane dan temen-temen yang lolos kmaren menyempatkan diri berwisata satu, dua, atau paling lama tiga hari ke Jogjakarta!

Ane dan temen-temen berangkatnya mencar, sendiri-sendiri. Susah juga klo mau berangkat bareng. Alasan ane sendiri karena Bapak mau ikut dan Sabtu siangnya ada acara jadinya baru bisa berangkat sorenya. Padahal Sabtu pagi beberapa temen udah ada yang di sana.

Tapi gak masalah, berangkat sore pun nggak apa-apa! Walau naik bus yang bikin capek tapi tetep harus berangkat. YANG PENTING KITA JADI KE JOGJA INSYA ALLAH UNTUK WAWANCARA!! Hehehe...

Ternyata sorenya setelah berada di stasiun Bekasi, BUS KE JOGJANYA TELAT! Wah, harus ngademin diri. Melalui hape yang pulsanya lumayan sms-in beberapa sodara untuk mnta doa, sms ke temen sekolah yang lagi ngaji, gak lupa dan paling penting, ane akses situs yang rame: Twitter!


Ane tulis tweet ane, minta doa temen-temen. Ternyata lumayan juga tweeps yang udah ngetweet ngedoain keberhasilan bagi yang wawancara PBS UGM. Ah! Subhanallah, jadi semangat. Gak perlu nulis dulu, copas tweet doanya, tulis 'Syukran' trus retweet!

Hmm, akhir-akhir ini emang banyak yang bilang ke satu sama lain untuk saling mendoakan. Iyalah, doa itu senjata kan? Untuk ngehadepin ujian-ujian yang emang banyak ini kita harus mempersenjatai diri dengan ikhtiar, termasuk doa dan minta didoakan, lalu tawakal.

Cuman kayaknya temen-temen di sekolah perlu dikasih tau suatu hal. Bahwa termasuk doa yang mustajab itu adalah doa seorang Muslim bagi saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya yang didoakan tadi.

Dari Abu Darda' bahwa dia berkata bahwasanya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Tidaklah seorang muslim berdoa untuk saudaranya yang tidak di hadapannya, maka malaikat yang ditugaskan kepadanya berkata : "Amin, dan bagimu seperti yang kau doakan". [Shahih Muslim, kitab Doa wa Dzikir bab Fadli Doa fi Dahril Ghalib].Ngopas dari sini



Bukan berarti klo temen atau saudara yang kita doakan tahu nanti doanya gak terijabah, tapi lebih baik seperti itu karena dalilnya jelas menunjukkan keutamannya. Jadi bukan berarti gak boleh bilang-bilang ya! Bahkan klo liat secara harfiah di atas yang penting gak dihadapan saudaranya.

Dari apa ya?


Alhamdulillah... Syukran doa dan dukungannya temen-temen! (Ane klo di kehidupan nyata agak malu untuk ngucapin makasih kepada orang-orang yang nyemangatin dan ngedukung. Ane berusaha untuk mengungkapkan dan minimal dari sini).

Akhirnya bus yang ditunggu dateng. Telat (banget) emang, tapi ane yakin esok harinya pasti nyampe, insya Allah.

Berhubung udah lama ane gak naik bus malam untuk perjalanan jauh, waktu itu ane muasin diri ngeliatin pinggir jalan, apalagi klo udah di jalan tol. Entah bagi antum dapi bagi ane cukup bagus untuk dinikmati. Lampu-lampu dari kendaraan-kendaraan yang melewati bus atau lampu-lampu dari perumahan yang jauh di sana. Itu objek dari pinggir jalan favorit ane. Selain itu? Kayaknya enggak. Apalagi klo sengaja ngeliatin perempuan.

Walau ane ngeliat ke luar jendela, twitteran tetep jalan! Dan karena malem Ahad, pasti twitter dan fb jadi rame. Perjalanan gak bakal ngebosenin!

Berlanjut malam, udah berbagai daerah dilewati dan banyak kalimat yang ane tweet, ane dikagetin sama salah satu tweet di timeline dari Mas @TioAlexander penulis blog Un2kmu.

Dari apa ya?


Astaghfirullah... Antum bisa baca beritanya di sini.

WTF!! (kepanjangannya 'What The Fact!' lho, jangan yang lain. Walau sebenarnya kalimat ini lebih ke rasa kagum atau heran, yah dari pada yang laen...).

Jadi, semalaman ane bantu aja untuk ngangkat itu berita. #dukungROHIS!!

Bolak-balik, Fb-Twitter, untuk ngomen temen-temen yang repost atau retweet dan gak kerasa pulsa kesedot lumayan banyak... Untuk #dukungROHIS, ane rela!

Seterusnya nyampe pagi gak ada yang istimewa. Berhenti bentar untuk rehat dan sholat. Ane dan Bapak menjama' ta`khir.

Ane mau ngelanjutin. Insya Allah bisa...