Minggu, 03 Januari 2010

Asik juga Ngeblog Itu...

بسم الله الرحمن الرحيم


Ada lomba nih! Bikin artikel blog tentang manfaat blogging. Nyampe 10 Januari 2010. Mau ikutan liat di halaman ini!
Alhamdulillah, di awal tahun ane dapet awward. Tersenyum melihat pesan tertinggal di buku tamu dari seorang blogger unik dilihat dari tulisan dan bahasanya. Kak Bri, sahabat prestasi baik hati yang selalu ceria, senyum dan semangat mengeluarkan jurus-jurus maut *ciaatt* diikuti efek latar seru *KabooMMss WoooZZzz (efek dar dar dar suara kembang api)*.

Salah satu hal yang hanya ada di blogosphere, berbagi awward persahabatan seperti ini. Menjalin silaturahmi walau hanya lewat dunia maya. Nggak jarang yang ngadain ketemuan langsung di dunia nyata lewat kopi darat (jujur, ane penasaran kenapa pertemuan di dunia nyata disebut 'kopi darat'). Seringkali kumpulan blogger ini tergabung dalam satu ide, visi dan misi, kemudian melakukan tindakan nyata upaya berkarya sebagai blogger Indonesia. Baru-baru ini juga ada kasus berhubungan peraturan ekspresi dunia maya dan lagi-lagi blog menjadi salah satu media penyalur aspirasi penyumbang motivasi dan dukungan pada pihak yang seharusnya bebas.

Blog menjadi sarana menulis paling menarik bagi ane karena secara bebas tapi tetap dalam aturan bisa mengeluarkan apa yang terlintas dalam pikiran walau tidak terlalu berharga. Paling tidak lumayan berharga di blog sendiri. Belum lagi ternyata banyak blogger baik yang mau memberi komentar terhadap tulisan-tulisan ane yang... ah, gak usah disebut deh, malu!

Eh, lupa! Komentar tadi kadang ada yang ngasih semangat juga ternyata!

Fuh, emang asyik blogging tuh. Ngisi waktu pas liburan kemaren dan sekarang juga (Bekasi masuk tanggal 11 Januari).

Jalan-jalan di blogosphere, kagum juga ama yang bisa dapet penghasilan dari ngeblog. Ane belum berani melangkah ke sana, tapi ada semangat untuk mencoba. Entah kapan mulai. Kalah ane sama blogger yang lebih muda, sekarang masih SMP, udah terjun di bisnis onlen. Namanya Harun Rizal.

Mereka hebat, tahu langkah-langkah untuk memopulekan blog dan artikel mereka dan ane kira mereka berhasil. Dengan tip dan trik SEO yang seru dan unik.

Hmm, ane melihat SEO mengajarkan dan membiasakan kita hal-hal yang lumayan bermanfaat. Ane pernah posting hal ini di artikel 'Pendidikan dari SEO' yang seadanya. Di situ ane tulis beberapa hal seperti salah satu trik SEO: memberi 'perlakuan' khusus terhadap kata kunci yang kita tembak dalam postingan kita. Maksudnya 'perlakuan' adalah menebalkan atau memiringkan kata. Dan, memang sepertinya kebanyakan keyword adalah kata-kata unik, bahkan asing yang dalam penulisan Bahasa Indonesia yang baik diberi 'perlakuan' tadi. Selain itumenempatkan kata kunci pada awal dan akhir postingan juga pas sama ilmu yang ane dapet di sekolah, bahwa untuk mencari gagasan utama suatu tulisan bisa kita lihat di awal atau akhir. Dan ane coba itu lewat blog! Nyoba-nyoba lewat layanan gratisan dengan hasil gak mengecewakan!

Khusus untuk beberapa layanan blog, kita bisa berkreasi dengan tema atau latar blog. Memaksa untuk memelajari kode-kode html sederhana bagi yang penasaran. Mengembangkan imajinasi dan berkarya membuat template yang keren. Fuh, itu susah! Ane sih baru make templet bikinan orang.

Lewat blog kita juga bisa berkompetisi. Tentu, lewat ajang perlombaan blog. Terkadang yang dinilai adalah isi, berkaitan dengan momen tertentu suatu waktu. Dalam hal ini, ane salut sama Neng Ratna yang tulisannya unik dan dia juga udah banyak prestasinya di dunia blogosphere ini selain prestasinya yang lain. Di lain ajang, yang dinilai adalah peringkat dalam daftar hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu. Well, seringkali kata kunci yang dilombakan adalah kata-kata motivasi atau sebuah pernyataan untuk berjuang.

Banyak hal menarik dan bermanfaat dari blogging. Banyak yang terlewat oleh kepala ane, sekalinya nyangkut, banyak yang mandek pas pengen nulisinnya. Tapi lewat blog ini juga kita belajar meminimalisir ide yang gak tersampaikan sehingga ide kita terekspresikan semaksimal mungkin.