Minggu, 03 Januari 2010

Asik juga Ngeblog Itu...

بسم الله الرحمن الرحيم


Ada lomba nih! Bikin artikel blog tentang manfaat blogging. Nyampe 10 Januari 2010. Mau ikutan liat di halaman ini!
Alhamdulillah, di awal tahun ane dapet awward. Tersenyum melihat pesan tertinggal di buku tamu dari seorang blogger unik dilihat dari tulisan dan bahasanya. Kak Bri, sahabat prestasi baik hati yang selalu ceria, senyum dan semangat mengeluarkan jurus-jurus maut *ciaatt* diikuti efek latar seru *KabooMMss WoooZZzz (efek dar dar dar suara kembang api)*.

Salah satu hal yang hanya ada di blogosphere, berbagi awward persahabatan seperti ini. Menjalin silaturahmi walau hanya lewat dunia maya. Nggak jarang yang ngadain ketemuan langsung di dunia nyata lewat kopi darat (jujur, ane penasaran kenapa pertemuan di dunia nyata disebut 'kopi darat'). Seringkali kumpulan blogger ini tergabung dalam satu ide, visi dan misi, kemudian melakukan tindakan nyata upaya berkarya sebagai blogger Indonesia. Baru-baru ini juga ada kasus berhubungan peraturan ekspresi dunia maya dan lagi-lagi blog menjadi salah satu media penyalur aspirasi penyumbang motivasi dan dukungan pada pihak yang seharusnya bebas.

Blog menjadi sarana menulis paling menarik bagi ane karena secara bebas tapi tetap dalam aturan bisa mengeluarkan apa yang terlintas dalam pikiran walau tidak terlalu berharga. Paling tidak lumayan berharga di blog sendiri. Belum lagi ternyata banyak blogger baik yang mau memberi komentar terhadap tulisan-tulisan ane yang... ah, gak usah disebut deh, malu!

Eh, lupa! Komentar tadi kadang ada yang ngasih semangat juga ternyata!

Fuh, emang asyik blogging tuh. Ngisi waktu pas liburan kemaren dan sekarang juga (Bekasi masuk tanggal 11 Januari).

Jalan-jalan di blogosphere, kagum juga ama yang bisa dapet penghasilan dari ngeblog. Ane belum berani melangkah ke sana, tapi ada semangat untuk mencoba. Entah kapan mulai. Kalah ane sama blogger yang lebih muda, sekarang masih SMP, udah terjun di bisnis onlen. Namanya Harun Rizal.

Mereka hebat, tahu langkah-langkah untuk memopulekan blog dan artikel mereka dan ane kira mereka berhasil. Dengan tip dan trik SEO yang seru dan unik.

Hmm, ane melihat SEO mengajarkan dan membiasakan kita hal-hal yang lumayan bermanfaat. Ane pernah posting hal ini di artikel 'Pendidikan dari SEO' yang seadanya. Di situ ane tulis beberapa hal seperti salah satu trik SEO: memberi 'perlakuan' khusus terhadap kata kunci yang kita tembak dalam postingan kita. Maksudnya 'perlakuan' adalah menebalkan atau memiringkan kata. Dan, memang sepertinya kebanyakan keyword adalah kata-kata unik, bahkan asing yang dalam penulisan Bahasa Indonesia yang baik diberi 'perlakuan' tadi. Selain itumenempatkan kata kunci pada awal dan akhir postingan juga pas sama ilmu yang ane dapet di sekolah, bahwa untuk mencari gagasan utama suatu tulisan bisa kita lihat di awal atau akhir. Dan ane coba itu lewat blog! Nyoba-nyoba lewat layanan gratisan dengan hasil gak mengecewakan!

Khusus untuk beberapa layanan blog, kita bisa berkreasi dengan tema atau latar blog. Memaksa untuk memelajari kode-kode html sederhana bagi yang penasaran. Mengembangkan imajinasi dan berkarya membuat template yang keren. Fuh, itu susah! Ane sih baru make templet bikinan orang.

Lewat blog kita juga bisa berkompetisi. Tentu, lewat ajang perlombaan blog. Terkadang yang dinilai adalah isi, berkaitan dengan momen tertentu suatu waktu. Dalam hal ini, ane salut sama Neng Ratna yang tulisannya unik dan dia juga udah banyak prestasinya di dunia blogosphere ini selain prestasinya yang lain. Di lain ajang, yang dinilai adalah peringkat dalam daftar hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu. Well, seringkali kata kunci yang dilombakan adalah kata-kata motivasi atau sebuah pernyataan untuk berjuang.

Banyak hal menarik dan bermanfaat dari blogging. Banyak yang terlewat oleh kepala ane, sekalinya nyangkut, banyak yang mandek pas pengen nulisinnya. Tapi lewat blog ini juga kita belajar meminimalisir ide yang gak tersampaikan sehingga ide kita terekspresikan semaksimal mungkin.

43 komentar:

  1. Terima kasih sudah berpartisipasi di acara blog saya. Saat ini sudah terdaftar dan mendapat urutan ke 46. Untuk melihat pesertanya saya sampaikan di http://arkasala.com/peserta-kemeriahan-di-leysbook.html.
    Semoga beruntung.
    Salam hangat dan sukses selalu :)

    BalasHapus
  2. baru nyadar yaaa?

    dari dulu ngeblog emang mengasyikkan

    happy new year!!

    maap telat ngucapinnya

    BalasHapus
  3. wah... ikutan juga.. rupanya mas..
    saya barusan aja daptar..
    yo'i mas... ngeblog emang buanyak banget manfaatnya...

    BalasHapus
  4. Aku juga pengen nulis terus di blog dan menikmati asyiknya ngeblog. tapi sering banget kehabisan ide.

    BalasHapus
  5. hihi.. nge-blog emang enak, tapi sakit matanya yg ga enak..

    BalasHapus
  6. kalo saya asikkan cari duitnya.. hehehee

    BalasHapus
  7. ngeblog emang mengasyikan
    hehehe..
    selamat ngeblog

    BalasHapus
  8. Mas, terima kasih atas partisipasinya. Saat ini acara pengundian sudah berakhir. Mohon maaf jika ada kekurangan.
    Salam hangat dan sukses selalu :)

    BalasHapus
  9. manap blogger indo...
    http://seo-analyzer.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. Hati-hati aja, ngeblog emang bikin ketagihan, he..he... dan tidak bisa berhenti untuk berbagai cerita, pengalaman dan tentunya ilmu kita dengan visitor di dunia maya, semangat....

    BalasHapus
  11. emaang mass..
    malah q skarang kecanduan ma nmanya ngeblog
    hehe..

    BalasHapus
  12. sekali terjun ke dunia blog,,, wah.. emang bakal bikin ketagihan dan tentunya sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan...

    BalasHapus
  13. Selamat dengan award nya ya.. ok.. linknya dah saya pasang sob.

    BalasHapus
  14. emang bener sob,bisa hilangin stres juga sob,apalagi kalau alexanya bisa naik..hehe

    BalasHapus
  15. bener, dengan negblog bisa mengekspresikan ide kita semaksimal mungkin

    BalasHapus
  16. ngeblog emang asik apalagi bisa ngasilin duit

    BalasHapus
  17. Bener mas ngeblog emang menyenangkan, walaupun aku baru belajar ngeblog.

    BalasHapus
  18. Hahahaha.. Nge-blog emang asikk Mas...!
    Bisa nulis apa yg mau kita tulis... :)
    http://ekos06.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  19. sipppp setujuuuu..
    nyalurin hoby sekaligus nyari duit bisa juga,,hehehe
    kuncungi blog q y bro
    http://www.andry-firdaus.co.cc

    BalasHapus
  20. memang benar ngeblog bikin asik aja apalagi kita bs sharing valuable info

    BalasHapus
  21. Asik kalau ngeblog dapat duit mas, tapi susah hehe.. Saya jg pingin buat blog pribadi asik kyaknya..

    BalasHapus
  22. Kayaknya skarang blogging dah jadi kebutuhan gan,,, (hehe...kayak makan aza...)

    BalasHapus
  23. nge blog memang asyik dan menarik,
    banyak daya magnet di blog...
    keep blogging..

    BalasHapus
  24. untung bacanya aku telat...kalau tahu pasti aku tidak ikut...takuttttt...sama pakar blogger....

    BalasHapus
  25. Bener bgt Gan,. Emagn NgebLog tuh Asyik Bgt,. BAnyak Ilmu yg Bisa saling Berbagi,.

    BalasHapus
  26. Memang Asyik Gan,. ,. Blog Bisa Ngelampiasin Semua Uneg" Gan,. ,.

    BalasHapus
  27. betul sekali, aku juga suka ngeblogs. kita harus saling berbagi aja ya....!

    BalasHapus
  28. sangat mengasikan, ngeblogs membuat saya menjadi lebih tahu masalah yang belum terpecahkan.

    BalasHapus
  29. sangat menyenagkan ....
    ng.blog bnyak wawasan juga bnyak teman..

    BalasHapus
  30. ng.blog itu menumpahkan semua kretifitas kita..
    :)

    BalasHapus
  31. memang banget ngeblog itu seru tapi sayang aku pribadi blm ada blog nih,

    BalasHapus
  32. saya blogger baru ...
    mudah mudahan saya bisa menuangkan kretifitas saya lewat bgol ini ..
    ternyata menyenangkan..

    BalasHapus
  33. klo bnyak temen ng.blog itu seru tapi klo sndiri waaah bete gan ..

    BalasHapus
  34. dengan blog kita bisa saling mengenal dan menambah ilmu

    BalasHapus
  35. Sangat setuju sama artikelnya, dengan ngeblog saya juga bisa mendapatkan banyak teman

    BalasHapus
  36. Ya.. nggak ada salahnya berbagi ilmu melalui blog. terus berkarya untuk perkembangan ilmu

    BalasHapus
  37. saya setuju, memang ngeblog asik. kita bisa banyak ilmu dengan ngeblog

    BalasHapus