Rabu, 05 Agustus 2009

Pendidikan dari SEO

Bismillah untuk mendapat berkah

Alhamdulillah, mendapatkan senggang kala siang hari untuk bertemu layar posting :)

Fuh, udah lama banget ane gak posting, padahal sebagaimana diketahui Blogger sekalian, Google menyukai site yang isinya sering terupdate. Kita belajar sesuatu dari salah satu SEO ini: rajin ;)

Ternyata selain untuk publikasi blog, SEO juga merupakan pendidikan bagi Blogger itu sendiri seperti melatih menulis dengan baik. Tentu jika kita memiliki blog, kita pasti belajar menulis tapi belum tentu dengan baik karena bisa kita temukan blog yang isinya terlihat asal karena memang hanya untuk mengungkapkan kondisi hati Bloggernya saja tanpa ada niat untuk menarik pembaca atau sekedar mengungkapkannya dengan baik.

Hubungannya dengan SEO? Pertama, tentu kita harus menentukan keyword yang diincar lalu selain memasukkannya di meta tag, kita juga lebih baik memberi 'perlakuan khusus' seperti menebalkan atau memiringkan karena katanya Google Bot menyukai kata yang di'istimewakan'. Nah, ternyata kita dianjurkan meletakkan keyword di awal, tengah, dan akhir postingan. Yang terakhir ini ternyata sesuai dengan pelajaran Bahasa Indonesia untuk mencari tema atau gagasan utama tulisan, benar kan?

Menebalkan atau memiringkan keyword pun juga terkadang diperlukan apalagi yang keywordnya istilah asing atau menunjukkan penekanan tertentu.

Ada lagi? Banyak! Ane pernah membaca postingan di blog Mas Thom tentang Traffic Rank Alexa yang pemilihan kata-katanya 'kreatif'. Jadi suatu ketika ada yang nyasar mampir ke blognya karena mencari 'sesuatu' di Google. Ane harus menahan geli pas ngebaca postingan Mas Thom yang ngeceritainnya :D Intinya: Melatih kreatifitas memilih kata-kata!

Ohya, secara dasar untuk meningkatkan pengunjung, SEO yang paling ampuh adalah membuat artikel yang berkualitas dan menarik. Jelas ane jauh dari kriteria ini :( tapi tetap semangat untuk mencoba!

SEO juga bisa membantu kepribadian lho... Tergantung juga sih, tapi minimal dapat melatih keramahan. Kok?

Agar menarik dan berkesan friendly, menjawab komentar dari para pembaca tentunya harus dan menjawab pun tidak sekadar menjawab tapi harus bijaksana, dengan kalimat yang menunjukkan pribadi easy going dan tidak membuat pembaca diacuhkan.

Masih masalah ramah, kegiatan seru yang bagus adalah blogwalking! Dan, jangan lupa komentarnya!

Lalu untuk menjadi rajin dan teliti, bukankah kita dianjurkan memasang meta tag yang tentunya harus bertemu dengan kode html walau hanya ambil-pasang? Mendaftarkan blog di situs add-url juga harus sabar karena kadang ada yang jika kita sudah mendaftar dan harus memasukkan email, banyak email yang masuk walau berguna tapi terkesan 'mengotori' inbox.

Jangan lupakan jati diri karena terkadang ada orang yang blogging tapi dengan style yang sebenarnya tidak sesuai dengan dirinya tapi agar menarik, dipaksakan. Kekhasan dan keunikan Blogger sendiri pun bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Dan, ane sebagai Newbie harus banyak belajar lagi dan tulisan ini hanya menggambarkan ane tentang apa yang menarik bagi ane dari SEO, sekedar opini yang harus dikoreksi dan tentu bukan bermaksud menggurui, sekali lagi hanya untuk berbagi (kenapa perasaannya jadi tidak enak ya?)