Senin, 19 April 2010

IT IS NOT THE DESTINATION, BUT THE JOURNEY

بسم الله الرحمن الرحيم


[...]Suatu tempat tidak selalu indah dan bagus. Kenangan perjalanan yang paling saya ingat pun bukanlah tentang keindahan arsitektur suatu bangunan atau putihnya pasir pantai, tapi pesawat yang delay atau orang lokal yang tidak ramah. Pengalaman (yang sering tak terduga) saat melakukan perjalanan adalah jauh lebih berwarna. Seperti kata pepatah: it's not the destination, but the journey. (ngutip kalimat Bu Trinity "The Naked Traveler" dari pembukaan The Naked Traveler 2. Blognya di sini.)

Ya, jika yang dimaksud dengan destination adalah tempat tujuan dari perjalanan. Apa yang kita cari bukanlah tempat tujuannya, tapi apa yang kita rasakan dan alami ketika berada di tempat tujuan mau pun dalam perjalanan.

Analogikan dengan keadaan sekarang... sebagai siswa SMA di tahun terakhir yang sudah melalui tahapan berjuang dalam segala ujian sekolah dan kini berjuang mendapatkan kursi pendidikan lanjut.

Yang dicari adalah pendidikan serta pengalaman dalam kehidupan untuk meningkatkan kualitas diri. tu yang harus dicamkan! Kita tidak mencari perguruan tingginya, tapi pelajaran sebagai bekal mengarungi dunia.

Lalu, jika destination diartikan adalah maksud (lihat di sini) maka kalimat it's not the destination, but the journey memiliki makna peringatan bahwa kita tidak boleh lengah. Bahwa ini bukanlah tujuan utama, tapi baru perjalanan.

Tidak boleh terlena dengan apa-apa yang terasa nikmat dalam perjalanan.

Tidak boleh putus asa ketika gagal karena itu bagian dari perjalanan.

Sadari bahwa diri tidak boleh lemah karena perjalanan ini masih sangat panjang.

Bagi Anda, pepatah "it's not the destination, but the journey" membuat Anda berpikir apa?

16 komentar:

  1. apaan sih ini maksudnya?
    pengalaman yang dicari, bukan tujuan akhir?

    BalasHapus
  2. betul, betul. dan yang gue tangkep jg sih, yang penting tuh pengalaman dalam perjalanan kita menuju tujuan besar dalam hidup kita, yaitu sebagai pelajaran agar kita bisa menjadi manusia yang lebih berkualitas dari sebelumnya heem IMO,
    btw dr beberapa biografi org" sukses yg gue baca, mereka pasti menyebutkan hal ini, namun dalam bentuk" yang berbeda, misalnya "Dont too focus on your goals, but focus on what you've to do to make it real", dll

    BalasHapus
  3. pengalaman pahit juga akan membuat kita menjadi manusia yang lebih kuat :)
    salam Bali Indonesia Tourism

    BalasHapus
  4. Kita harus menghargai sebuah proses bukan malah menghargai hasil akhirnya, justruh proses itulah yang akan membuat jiwa kita lebih matang.

    BalasHapus
  5. walaupun susah dimengerti tapi terima kasih sobat,junjung terus bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  6. Setuju... Proses lebih utama...! Hehe
    thanks Mas..
    http://ekos06.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  7. Allah menilai ikhtiar kita dalam menjalankan sesuatu, hasilnya adalah hak prerogatif Nya. Hargailah proses tdk ada yg instan di dunia ini

    BalasHapus
  8. wah.. artikel yang sangat memotivasi dan bermanfaat untuk psikologis kita :)

    tepat sekali atas apa yang sobat utarakan dalam artikel kali ini, bahwa untuk menjadi sukses, tempuhlah "jalur" yang ada dengan usaha maksimal dan sekuat tenaga, karena sejatinya hasil yang akan kita dapatkan tentunya akan selalu sebanding dengan "keringat" yang sudah kita curahkan demi menggapai tujuan kita..

    "it's not about the destination but the journey".. ya, fokuslah untuk meraih impian sebagai tujuan kita, tetapi jangan lupa untuk tidak melupakan bahwa jika kita ingin meraih impian tersebut maka akan ada harga yang "harus dibayar"..

    umpama, seorang pendaki yang ingin mencapai puncak gunung everest maka harus bersusah payah mendaki dan melewati perbukitan di sekitar gunung dulu kan?! :)

    niscaya jika kita sudah memberikan yang terbaik,maka Tuhan akan menganugerahkan hasil yang baik dan sepadan untuk kita.. :)

    salam sahabat untuk rekan2 semua :)

    BalasHapus
  9. iia gan saya pernah merasakan apa yang agan rasakan ..
    toh waktu pas lulus saya sering berpikir bahwa setelah lulus "petualangan baru di mulai" ..

    BalasHapus
  10. sama nih, saya tiap bepergian ke suatu tempat...

    yang paling di inget tuh perjalanannya, bukan tempat tujuannya..

    :D

    In house training Buku anak murah

    BalasHapus
  11. hidup ini memang sebuah perjalanan bukan tujuan..
    karena tujuan kita yang sebenar nya adalah akhirat.

    BalasHapus