Kamis, 01 April 2010

Anak Kecil Itu

بسم الله الرحمن الرحيم

Kesel abis. Itu anak kecil gak bisa diem pas shalat, bolak-balik ngacauin shaff...

Lebih dari itu, dia bahkan gangguin temennya yang serius shalat. Mukul, nyolek juga ngatain. Wajar karena anak kecil juga temennya itu udah nahan tapi akhirnya ngebales juga. Maunya dia sih setelah ngebales si anak tadi diem tapi pastilah dia ulang lagi.

Kayak gitu hampir tiap hari pas shalat Ashar. Soalnya anak itu belajar di madrasah sebelah masjid.

Imam dan bapak-bapak jama'ah lain juga guru dari madrasahnya udah ngingetin. Tapi gak berubah.

Ane sendiri pun sesekali manggil anak itu nyoba ngasih tau selembut mungkin.

Well, sebenarnya ane kira imam dan bapak-bapak lebih ke ngasih anceman untuk ngingetin anak itu.

Teringat ketika di pesantren dulu, ketika seorang santri yatim SD bermain-main dalam shalat dan kegaduhan yang dibuatnya sampai imam tau. Selesai shalat si anak dipanggil lalu disuruh mengulang shalatnya.

Ya, shalatnya tadi belum sah. Walau dia belum baligh dan pena belum menggores catatan amalan tapi secara fiqih memang shalatnya tidak sah dan harus dibiasakan sejak dini bagaimana shalat yang sempurna.

Kemudian ane menertawakan diri sendiri karena suatu saat kemudian ane ditanya tentang suatu hadits tapi nggak hapal dan ternyata anak itu melafalkannya dengan lancar... Hahaha...

Tawa pun terhenti berganti dengan sedih. Karena berita tentang seorang anak. Anak yang lain. Masih sangat kecil. Tapi lingkungannya mengarahkannya pada moral yang buruk. Hingga mulut mungil itu terbiasa mengatakan hal-hal kotor. Bahkan merokok!!

Enggan memberikan link dan ane rasa kalian udah tau. Salah kita. Bahkan mungkin moral kita sendiri sudah... Tapi selama masih sadar berarti masih bisa berubah.

Menengok adik sendiri, anak-anak kecil di lingkungan dan anak-anak kecil kerabat, ane sedih gak bisa berbuat banyak tapi paling tidak ane sendiri berusaha menjaga mereka dari kerusakan moral. Walau sedikit.