Sabtu, 14 November 2009

Cita-cita Lebih dari 'Aku Ingin Menjadi'

Mungkin karena diri yang tengah berada di tengah-tengah masa akhir pendidikan menengah. Meninggalkan bentuk pengajaran yang walau diusahakan 'Guru sebagai Fasilitator' tapi masih saja banyak siswa yang kurang aktif menuju bangku kuliah atau mungkin langsung terjun bekerja. Saat yang bisa dibilang sangat menentukan sebagai landasan menghadapi masa depan dan 'dunia yang sesungguhnya' bagi kami para remaja. Waktu ber'harap-harap cemas' ria, menguatkan diri menerima hasil, mengumpat untuk kemalasan dan segala bentuk kelalaian yang menipu serta pasrah pada nasib. Ya, mungkin karena diri ini berada pada keadaan tersebut, sering terdengar pembicaraan tentang minat, keinginan untuk melanjutkan ke mana, cita-cita…

Dan tentunya kita semua akan bermimpi dan berkhayal, menguras imajinasi dan akal untuk membentuk sebuah gambaran dari hakikat keinginan kita yang terbesar. Keinginan yang juga pasti dipengaruhi oleh asumsi seberapa berharga kita untuk hidup, apa tujuan hidup, apa arti hidup, bagaimana membuat hidup kita berarti, bagaimana memanfaatkan hidup dan seterusnya. Untuk mendapatkan gambaran yang paling mendekati keinginan kita yang sebenarnya, kita memerlukan imajinasi setinggi-tingginya sehingga gambaran yang didapat paling indah. Di samping itu, akal sehat, logika, rasio sewajarnya, juga diperlukan sehingga gambaran yang ingin dicapai memang realistis, tapi merupakan sebuah terobosan yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Dengan imajinasi dan akal pula kita berusaha menarik garis dari gambaran yang ingin dicapai tadi sampai ke posisi di mana kita berdiri saat ini sehingga kita tahu ke mana, kapan, bagaimana mulai menjejak secara perlahan maupun segera untuk menggapainya. Bagaimana imajinasi Anda? Sudahkah Anda menarik garis tadi? Seberapa seru perjalanan yang harus Anda tempuh untuk menggapainya?

Tapi perlu diingat – hal yang sering kita diingatkan tentangnya – bahwa cita-cita bukan sekedar 'Aku ingin menjadi'. Bukan cita-cita yang dijawab oleh anak berumur sepuluh tahun ke bawah. Bukan pula cita-cita orang dewasa yang beranggapan uang adalah segalanya. Dan, untuk cita-cita yang terakhir, tidak ada di antara kita yang seperti itu kan? Pasti tidak ada, Insya Allah.

Apa cita-cita Anda? Apa arti cita-cita bagi Anda? Mengapa Anda harus meraih cita-cita?

Yang paling perlu diingatkan tentang hal ini adalah aku sendiri. Apa itu cita-cita?

Dengan kalimat dan wawasan yang sangat sempit dari seorang remaja, cita-cita adalah hal yang ingin dicapai seseorang untuk membuat eksistensi dirinya benar-benar berarti sebagai manusia. Cita-cita adalah hal yang ingin dilakukan yang bermanfaat bagi orang lain, siapa saja atau mungkin hanya dirinya sendiri yang akan membuat keberadaan dirinya di dunia berarti, minimal menurut dirinya sendiri.

Itu makna cita-cita yang pasti salah atau melenceng, mungkin ada benarnya tapi pasti ada salahnya. Cita-cita dengan makna tadi akan memungkinkan seseorang bertujuan mencapai hal buruk untuk merasakan benar-benar hidup, menurutnya, dan itu masih disebut cita-cita jika makna yang disebutkan tadi benar. Kita beruntung karena yang menyatakan cita-cita seperti itu hanyalah remaja ingusan yang sering ceroboh dan masih sesuai dengan peribahasa 'tong kosong nyaring bunyinya'. Yah, mari kita doakan bersama agar remaja itu segera mendapatkan hidayah untuk istiqamah hingga akhir hayatnya. Oh ya, jangan lupa untuk diri kita masing-masing juga :D

Tapi ada yang membisiki sebuah makna dari cita-cita.

Baik, dia memang tujuan. Tapi tujuan yang menjadi sarana untuk mendapatkan hal yang lebih penting. Cita-cita adalah tujuan, hal terbesar bagi kita, yang paling berarti, yang membuat kita menjadi bermanfaat dan, membuat kita diridhai Allah. Ya, membuat kita meraih surga-Nya.

Kita akan terhenti ketika mencapai profesi yang waktu dulu kita jadikan 'cita-cita' jika memang cita-cita hanya 'Aku ingin menjadi'.

Cita-cita juga bukan untuk meraih kemapanan hidup dan kebahagiaan duniawi semata.

Karena cita-cita adalah hal terhebat yang kita sanggup lakukan untuk menjadi bermanfaat dan dengan itu kita mendapatkan kebahagiaan sejati: ridha Allah dan surga-Nya, maka cita-cita adalah idealisme kita dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah tujuan yang juga menjadi motivasi menghadapi berbagai debu kehidupan yang berterbangan di sana-sini.

Tujuan dan motivasi yang harus kita sesuaikan dengan panduan-panduan kehidupan dari Sang Pemilik Kehidupan.

38 komentar:

  1. cita-cita adalah sesuati yang diinginkan atau sesuatu yang ingin di raih seseorang dalam masa mendatang. tentunya memang bukan cuma aku ingin menjadi, aku ingin mempunyai, aku ingin seperti..
    cita-cita sangatlah tinggi.
    Cara Membuat Blog

    BalasHapus
  2. Cita-cita yang sangat tinggi.
    semua memang berhak bercita-cita..
    salam kenal ya..

    BalasHapus
  3. cita-cita yang ada dibenak kita pasti untuk hidup lebih baik. semua tergantung pada kemampuan individu untuk mewujudkannya

    BalasHapus
  4. apapun yang terjadi dengarkan kata hatimu...yang akan menuntunmu pada sebuah pintu, tinggal carilah kuncinya
    haiyah...agak ngelantur nih sob

    BalasHapus
  5. gue pernah ngalamin hal yang sama kek lo
    waktu itu ada bimbingan dari pt apa gue lupa
    ujung ujungnya bilang saya pasti bisa

    BalasHapus
  6. mantab postinganmu kawan
    salam hangat selalu

    BalasHapus
  7. Masih ingat waktu, kalau ditanya apa cita-cita kamu? pasti banyak yang jawab jadi pilot atau dokter atau jadi guru.. tapi setelah besar justru semakin bingung apa sebenarnya cita-cita kita? semuanya harus disesuaikan dengan bakat dan kemampuan kita,, dan tak jarang kita akhirnya hidup hanya sekedar mengikuti alur yang telah ditetapkan oleh-Nya, tanpa ada usaha untuk mewujudkan cita-cita kita.

    BalasHapus
  8. Awesome post thanks for sharing it would like to have an regular visit

    BalasHapus
  9. Nice post thanks for sharing it would like to have an regular visit

    BalasHapus
  10. Thanks for sharing an interesting post

    BalasHapus
  11. Awesome post thanks for sharing it

    BalasHapus
  12. Thanks for sharing an awesome post

    BalasHapus
  13. Interesting post thanks for updating it

    BalasHapus
  14. Thanks for sharing an interesting and good post

    BalasHapus
  15. keren bangett,..... infonya mantepp banget....
    membantu saya yang lagi nyari pencerahan.

    BalasHapus
  16. kejar lah cita-cita mu setinggi langit , itu pepatah dari dulu sampai sekarang yang mesti jadikan motivasi !!

    BalasHapus
  17. kalo waktu sekolah di tanya cita-cita itu paling bingung pengen kemana ? jadi apa ?berbagai prtanyaan yang membuat bingung !!

    BalasHapus
  18. untuk meraih cita-cita butuh waktu , tidak instan !

    BalasHapus
  19. sebelum mencpai cita cita meraih kebahagian,,,. tentu ada konsep untuk mencapainya... ::salam::

    BalasHapus
  20. cita cita didasari untuk bermanfaat buat orang lain,,he33

    BalasHapus
  21. semoga kita semua bisa meraih smua yang kita cita-citakan.

    BalasHapus
  22. memiliki cita-cita dalam hidup membuat hidup kita lebih termotivasi.

    BalasHapus
  23. cita-cita jika hanya ingin menjadi sesuatu pasti akan berhenti di tengah jalan..
    tetapi jika cita-cita nya aku harus menjadi sesuatu pasti tidak akan berhenti di tengah jalan walawpun terjatuh pasti akan tetap bangun lagi.

    BalasHapus
  24. semoga kita semua bisa meraih cita-cita di dunia dan cita-cita kita di akhirat kelak.

    BalasHapus
  25. secuil cita-cita lebih berharga, karena di balik cita-cita akan muncil semangat tuk mendapatkan cita-cita tersebut.

    BalasHapus
  26. Demi masa depan yuk kita raih cita-cita dengan semangat.

    BalasHapus
  27. cita-cita memang punya semua orang, tapi mengapa pendidikan selalu di khususkan buat orang kaya.

    BalasHapus