Minggu, 08 November 2009

Konfigurasi Fitur pada Toolbar Wibiya 1



Masih tentang toolbar Wibiya Sekarang ane mau berbagi pengalaman sewaktu mengonfigurasi beberapa fitur toolbarnya.



Hanya beberapa kok, ane gak paham semua. Hanya yang ane pasang saja. Masih ada banyak hal dari toolbar ini yang ane kurang paham.




Yang pertama, fitur notifikasi. Fitur ini ane suka karena bisa dimanfaatkan sebagai Welcome Alert dari pada harus memasang Java Script. Tinggal masukkan ungkapan selamat datang dalam berbagai bahasa, masukkan link blog kita atau alamat situs mana saja di bawahnya dan diakhiri dengan mengklik tombol 'Submit'!



Notifikasi akan muncul secara otomatis di blog, hanya bagi orang yang baru mengunjungi blog kita. Keadaan lainnya adalah saat kita memperbaharui notifikasi, maka orang yang sudah mengunjungi blog kita sebelumnya dapat melihat notifikasi muncul secara otomatis pula. Maka kebalikannya, komputer yang sudah pernah mengunjungi blog kita dan kita pun belum memperbarui notifikasi, hanya bisa melihat notifikasi dengan mengklik tombol notifikasi (yang gambarnya mirip orang berdiri).

Maaf ya bagi yang memasang Welcome Alert menggunakan Java Script. Bagi ane lebih baik menggunaka fitur Notifikasi dari toolbar Wibiya ini dari pada harus memasang Java Script karena tidak terlalu mengganggu (dengan tiba-tiba pindah tab browser saat Welcome Alert muncul padahal kita sedang membuka tab lain sambil menunggu proses loading blog itu selesai dan harus menekan tombol 'OK'). Notifikasi ini juga hanya muncul sekali saat diperbarui saja sehingga memperlihatkan 'hidup'-nya penulis blog dalam mengurus blognya selain dari postingan terbaru. (Bagaimana menurut Anda?)

Selanjutnya adalah fitur Twitter. Untuk fitur ini, kita tinggal memasukkan nickname yang kita gunakan dalam Twitter



Selain itu, dengan fitur ini kita juga mempersilakan pengunjung untuk nge-tweet di blog kita. Ohya, yang kerennya lagi, selain memperlihatkan tweet kita seorang, fitur Twitter ini juga memperlihatkan tweet yang merupakan perbaharuan dari TwitterFeed saat kita memosting artikel baru. Jadi, klo mau seperti itu berarti kita juga harus menggunakan TwitterFeed. Coba lihat sisi kirinya!



Karena itu juga, ane menghapus feed twitter yang biasanya ada di atas.

Masih ada beberapa fitur lagi, tapi sekarang sudah sore dan ane belum mandi (tenang aja, gak terlalu bau kok :P ). Berhubung besok sudah mulai Senin, berarti jeda dengan posting berikutnya agak lama. Untuk Widget ini ane masih mau mosting dua artikel lagi. Satunya lanjutan konfigurasi, satunya cerita kenapa toolbar Wibiya ini keren dan fungsional untuk blog ini.

6 komentar: