Selasa, 11 Agustus 2009

Patronus...



Assalamu'alaikum!! Coba tangkap apa yang dipikiran secara spontan pas ane sebut dua hal: 'Raditya Dika' dan 'Harry Potter'!

Raditya Dika, Harry Potter, dua hal yang terkenal... Mas Radit dengan kehidupannya yang absurd dan lucu juga Harry Potter yang katanya ceritanya seru dan pemerannya ganteng kayak ane.

Nah, lalu kalau Mas Radit menulis yang berkaitan dengan Harry Potter? Bagaimana ya...?

Bagian dari Harry Potter yang dibicarakan Mas Radit adalah Patronus... Apa itu?

Masa gak tau? Walau gak demen-demen amat, ane paham kok...

Patronus adalah nama salah satu mantra di dunia sihirnya Potter yang berguna mengusir Dementor.

Dementor? Apa lagi tuh?

Dementor ntu makhluk ghaib yang diceritakan dalam buku J.K. Rowling sebagai pengeksekusi penjahat dengan hukuman terberat: menghisap atau menghapus seluruh kebahagiaan...

Serem kan? Tapi udah ngarti blom?

Nah, klo udah terkoneksi, kita lanjutkan(!)

Dalam cerita, untuk mencegah Dementor yang berkeliaran dan salah sasaran, kita harus menggunakan mantra Patronus, yaitu ucapan 'Expecto Patronum'. Jika berhasil maka akan muncul pendaran perak berkilau berwujud hewan yang masing-masing orang berbeda dengan yang lain.

Tapi bukan cuman itu! Saat mengucapkannya kita harus mengingat suatu hal yang membuat diri kita bahagia dari kenangan atau apapun yang bisa kita timbulkan dalam diri kita sehingga membuat semangat positif.

Mas Radit menganalogikan Dementor dengan hal-hal di kehidupan kita yang membuat diri kita patah semangat, bad mood, lemas, marah, gondok, melenyapkan motivasi, bikin males ngapa-ngapain de-el-el deh....

Untuk mencegah 'Dementor' itu menyerang kita, kita harus punya Patronus sendiri seperti kegiatan yang membuat kita nyaman dan refreshed...

Sayangnya, beberapa 'Patronus' Mas Radit kurang baik, walau ada yang unik, yaitu berlari di senayan sambil melihat ke arah pintu-pintu yang seakan bergerak.

Lagi pula permisalan yang dipakai kan sihir dan sesuatu yang nggak nyata, menurut ane sih kurang bagus pula...

Tapi emang yang bisa diambil bermanfaat!